Cara Cek Nomor Dari ICCID (Nomor Seri) Kartu SIM Di Semua Operator

Cara Cek Nomor Dari ICCID (Nomor Seri) Kartu SIM Di Semua Operator – Untuk konten kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengetahui nomor ICCID pada Kartu SIM pada Ponsel, Hp Atau Smartphone anda.

Tidak seperti nomor IMEI, yang mengacu pada perangkat seluler, nomor ICCID mengacu pada kartu SIM itu sendiri. Karena setiap kartu SIM memiliki ICCID yang unik, terkadang Anda mungkin mendengarnya disebut nomor kartu SIM.

sekarang nomor IMEI dan ICCID pada Hp Anda penting, karena nomor ini memungkinkan Anda mengidentifikasi ponsel Anda jika terjadi pencurian.

Nomor IMEI Anda berfungsi sebagai nomor identifikasi unik untuk Hp Anda, seperti nomor seri, sedangkan nomor ICCID Anda berfungsi sebagai pengidentifikasi unik untuk kartu SIM yang digunakan dalam sistem.

Apakah Anda perlu menemukan nomor kartu ICCID di ponsel Anda dan bertanya-tanya bagaimana caranya? Panduan ini mencakup langkah-langkah untuk menemukan nomor kartu ICCID di Android dan iPhone

Luaskan cara mengetahui iccid dari nomor hp di bawah ini untuk langsung menuju topik.

Apa itu ICCID?

ICCID (Integrated Circuit Card Identifier) ​​adalah pengklasifikasi unik global yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi perangkat keras SIM (terutama kartu SIM fisik).

Nomor sepanjang 19 hingga 20 karakter ini disimpan secara digital, tetapi biasanya juga terukir secara fisik di badan kartu SIM. ICCID mungkin terdengar mirip dengan IMEI, tetapi keduanya digunakan untuk mengidentifikasi komponen yang sama sekali berbeda. eSIM fisik memiliki eUICCID, yang merupakan pengklasifikasi yang berbeda; namun, mereka biasanya juga diberi ICCID.

Baca Juga  Cara Mengganti IP Address Di Semua Perangkat Dengan Mudah

Apa itu nomor ICCID?

Meskipun semua orang tahu apa itu kartu SIM, ICCID adalah istilah yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya, meskipun setiap kartu SIM memilikinya.

ICCID adalah nomor unik yang dapat digunakan untuk membedakan satu kartu SIM dari yang lain. Setiap Kartu SIM di seluruh dunia memiliki ICCID (Integrated Circuit Card Identifier) ​​yang unik. Saat ini, bahkan profil eSIM dan kartu SIM virtual memiliki ICCID yang unik. ICCID disimpan secara digital dalam Kartu SIM, dan, dalam hal kartu SIM fisik, juga dicetak pada badan kartu SIM.

Komposisi nomor ICCID

ICCID biasanya terdiri dari 19 hingga 20 karakter. Beberapa kartu SIM tidak memiliki nomor ICCID lengkap yang terukir di tubuhnya; dalam beberapa kasus, hanya 13 digit terakhir yang akan terlihat. Nomor ICCID diformat sebagai berikut:

MMCC-IINN-NNNN-NNNN-NN C(X)

ICCID biasanya terdiri dari 19 hingga 20 karakter. Beberapa kartu SIM tidak memiliki nomor ICCID lengkap yang terukir di tubuhnya; dalam beberapa kasus, hanya 13 digit terakhir yang akan terlihat. Nomor ICCID diformat sebagai berikut:

MM adalah konstanta: Untuk Kartu SIM IoT, dua digit pertama ini selalu 89. Kode ini dengan jelas membedakan kartu SIM dari jenis kartu chip lainnya, seperti kartu kredit.

CC adalah kode negara: Kode ini ditetapkan oleh ITU (International Telephony Union) dan berbeda dari MCC (Mobile Country Codes), yang digunakan dalam IMSI (International Mobile Subscriber Identities)
II adalah Issue Identifier: Nomor ini mengidentifikasi jaringan seluler yang mengeluarkan kartu SIM Anda. Ini sangat penting ketika perangkat menjelajah di negara lain. Saat ini, ada banyak kemitraan antara penyedia layanan seluler, jadi nomor II Anda mungkin berasal dari perusahaan mitra, bukan dari perusahaan tempat Anda benar-benar membeli SIM.

N adalah ID Akun: ID inilah yang benar-benar membedakan kartu SIM Anda dari kartu SIM lainnya di dunia.
C adalah penjumlahan: Jumlah ini dihitung dari semua digit sebelumnya dengan menerapkan algoritma Luhn.
X adalah digit tambahan: Digit ini berasal dari perintah yang dikenal sebagai ‘AT! ICCID?’, namun secara resmi, nomor ini tidak dianggap sebagai bagian dari ICCID.

Baca Juga  Cara Install Maven 3 di Ubuntu atau Linux

Dua digit pertama ICCID Kartu SIM IoT selalu 89, kode yang mengidentifikasi industri telekomunikasi. Kode ini membedakan SIM dari jenis kartu chip lainnya, termasuk kartu kredit dan beberapa jenis identifikasi pemerintah atau bisnis.

Apa perbedaan antara ICCID, IMSI, dan IMEI?

ICCID disusun untuk mengidentifikasi semua perangkat keras SIM. Namun, ada pengidentifikasi lain yang digunakan untuk peralatan jaringan seluler. Yang paling menonjol adalah IMSI dan IMEI:

  • IMSI
    Nomor IMSI (International Mobile Subscriber Identity) adalah jaringan seluler yang digunakan untuk mengidentifikasi langganan tertentu yang disertakan sebagai bagian dari paket data Anda. Setiap kali perangkat ingin membuat koneksi ke jaringan, jaringan akan mengidentifikasi perangkat oleh IMSI. Meskipun ini mungkin terdengar mirip dengan ICCID, kedua pengidentifikasi ini dirancang untuk mengidentifikasi entitas yang berbeda. ICCID digunakan untuk mengidentifikasi Perangkat Keras SIM, sedangkan IMSI digunakan untuk mengidentifikasi jenis layanan konektivitas.
  • IMEI
    Nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) biasanya dicetak pada komponen adonan perangkat apa pun dengan kemampuan jaringan. Ini adalah pengidentifikasi unik untuk setiap perangkat dan diperiksa terhadap basis data IMEI di seluruh dunia saat terhubung.

eSIM dan eUICCID
Dengan munculnya eSIM (modul identitas pelanggan tertanam), nomor identifikasi baru, yang dikenal sebagai nomor eUICCID, telah dibuat. Perusahaan mungkin ingin membuat eSIM fisik tetapi juga membuat dan menjual profil eSIM. Dalam beberapa kasus, operator ini akan berkolaborasi dengan penyedia lain untuk membuat profil eSIM, yang berarti banyak pihak mungkin terlibat dalam pembuatan eSIM. Untuk menyederhanakan situasi ini dan menghindari kebingungan, industri jaringan telah menciptakan eUICCID untuk mengidentifikasi eSIM fisik secara terpisah. Nomor eUICCID adalah pengklasifikasi yang sama sekali berbeda dan unik, namun, ICCID biasanya masih dibuat bersama dengan profil eSIM

Baca Juga  Cara Membuat Kalkulator Sederhana Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP

Cara Cek Nomor Dari ICCID

Untuk gunakan nomor ICCID untuk menentukan jaringan mana yang akan menghubungkan pelanggan. Tidak seperti nomor IMEI, yang mengacu pada perangkat seluler, nomor ICCID mengacu pada kartu SIM itu sendiri. Karena setiap kartu SIM memiliki ICCID yang unik, terkadang Anda mungkin mendengarnya disebut nomor kartu SIM.

ICCID kartu pada SIM Anda menentukan jaringan seluler apa yang dapat diakses perangkat Anda dan tingkat akses yang dimilikinya,jadi jika Anda membuat perangkat IoT (Internet of Things) seluler, penting untuk memahami apa itu ICCID dan cara kerjanya. berikut cara cek ICCID :

1. Melihat di Balik Kartu Operator

Saat membeli kartu perdana, anda akan langsung bisa melihat nomor ICCID tepat di balik bungkusan kartunya.

2. Menggunakan Aplikasi ICCID

Ini merupakan cara paling ampuh jika kedua cara di atas tidak membuahkan hasil. anda hanya perlu menginstall aplikasi ini di HP kamu. Nama aplikasinya Sim Serial Number (ICCID).

3. Di Menu Pengaturan

Cara yang paling berikutnya untuk dilakukan. Anda hanya perlu mengecek menu pengaturan di perangkat yang digunakan. Untuk lebih lengkapnya, ikuti langkah berikut:

  • Pastikan untuk memasang kartu yang ingin dicek
  • Buka menu PENGATURAN
  • Pilih TENTANG PONSEL
  • Maka nomor seri akan langsung tampil dengan nama IMEI (slot 1) dan IMEI (slot 2)

Penutup – Cara Cek Nomor Dari ICCID

Demikianlah info terkait Cek Nomor Dari ICCID, semoga rekan-rekan mendapat ilmu dan hikma setelah membaca postingan ini, salah dan janggal kami mohon maaf, jika ada yang perlu di koreksi terkait Postingan Cara Cek Nomor Dari ICCID mohon di infokan di kolam komentar terima kasih.