5 Cara Memblokir Rekening Penipu Online

Minta Ilmu, 5 Cara Memblokir Rekening Penipu Online – Di era digital ini tentunya kita bisa merasakan berbagai kemudahan bertransaksi online. Namun tetap kita juga harus mewaspadai penipuan online yang saat ini marak terjadi.

Sebelum melakukan transaksi, kita harus tetap waspada, dan memastikan nanti saat ingin melakukan transfer aman.

Baca Juga: Ya Allah Kenapa Aku Selalu Memikirkan Dia ??? Apa Yang Anda Pikirkan

Bagaimana Cara Memblokir Rekening Penipu ?

Gambar 5 Cara Memblokir Rekening Penipu Online

Disini kami akan memberikan informasi mengenai cara memblokir rekening penipuan dan membekukan secara langsung melalui kantor bank terdekat. Silakan lihat di bawah 5 cara untuk memblokir rekening bank penipuan online:

1. Segera Hubungi Bank

Jika Anda telah menyadari bahwa Anda adalah korban modus penipuan, Anda harus segera menghubungi bank terkait. Beritahu pihak bank, masalah yang Anda alami, termasuk jumlah nominal uang yang sudah ditransfer ke rekening si penipu.

Sebutkan nomor rekening Anda, serta nomor rekening penipu. Setelah itu pihak bank akan mulai membekukan dana yang sudah ditransfer ke rekening si penipu.

Jangan lupa untuk menanyakan data-data yang harus disiapkan agar dana yang dibekukan dapat dikembalikan ke rekening Anda dengan jumlah yang sama. Apalagi saat ini masih dalam pengaruh pandemi, tentunya banyak orang yang membutuhkan uang dengan segala cara untuk dapat memilikinya.

2. Minta Surat Keterangan dari Polisi

Jangan lupa juga untuk membuat surat keterangan dari kepolisian. Dengan isi surat yang menyatakan bahwa Anda telah tertipu dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening si penipu.

Baca Juga  Daftar Smartphone 5G Terbaik Dan Terbaru

Surat keterangan seperti ini nantinya akan digunakan untuk memperkuat kasus penipuan yang Anda alami, sehingga pihak bank dapat segera memproses kasus penipuan tersebut.

Sejumlah dana yang sudah ditransfer bisa langsung dikembalikan. Pernyataan ini juga akan memperkuat bank untuk memblokir rekening penipuan.

3. Kunjungi Kantor Bank Terdekat

Anda bisa langsung datang ke kantor cabang bank terdekat. Jangan lupa membawa sejumlah persyaratan yang dibutuhkan.

Jangan lupa siapkan bukti transaksi seperti chat Whatsapp, bukti transfer, dan lain sebagainya. Hal ini perlu diperkuat saat melaporkan kasus terkait penipuan online.

4. Buat Surat Permintaan Pemblokiran Rekening

Jika sudah ke bank, nantinya Anda akan diminta untuk membuat surat pernyataan meminta pemblokiran nomor rekening palsu, sebutkan nama di rekening, nomor rekening yang Anda transfer dan tanda tangani di atas materai.

5. Bank Akan Memproses

Jika syarat dan bukti transaksi sudah lengkap, pihak bank akan segera memproses permohonan pemblokiran rekening penipuan tersebut. Kemudian pihak bank akan berusaha menarik dana yang sudah ditransfer untuk dikembalikan ke rekening Anda.

Dengan demikian, rekening penipu tersebut akan langsung di blokir oleh pihak bank. Dan pastinya saldo transaksi yang telah di kirim kepada rekening penipu akan di kembalikan ke dalam rekening Anda secara utuh dengan jumlah transaksi yang sesuai.

Penutup

Itu saja yang bisa kami sampaikan, tentang 5 cara memblokir rekening penipu online. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, dan tetap waspada serta terhindar dari segala resiko dalam melakukan transaksi online. Sampai jumpa lagi di informasi lainnya.